Sebuah Surat Imajinasi Cinta


Oleh: Edy Saputro Cahyo
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Perjalanan cinta mengikuti alur yang telah tersusun secara rapi. Sebuah surat sebagai  lambang penyampaian isi hati yang tak mampu diucapkan dengan mulut. Saat ini cinta dengan gaya lama akan terjadi di sebuah surat ini.

1.      Situation Imajinasi Cintaku
Saat aku melihatmu , beda rasanya suasana-suasana yang aku lewati di hutan rimba ini. Jika aku boleh jujur aku ada rasa terhadapmu. Entah rasa apa yang aku rasakan belum terwujud. Tetapi yang jelas adalah rasa bahagia. Bahagia melihatmu dengan senyum yang engkau keluarkan di setiap mendekati sarangku. Aku tidak mengetahui siapa, namamu. Memang aku melihatmu dari fisik luarmu. Aku lebih suka wanita sepertimu. Mantra yang telah aku miliki dan berkali-kali aku gunakan, tidak mempan melawanmu. Pertanda apakah ini?. Apakah kau menebarkan sejuta jika untukku. Padahal kau juga tidak mengetahui aku. Hanya aku yang mengetahuimu.  Aku berada di dalam sarang. Mengintip dan melihat keindahan yang telah engkau miliki. Mantraku “mengagumi boleh, memiliki jangan”. Itulah mantra yang aku pegang teguh selama aku telah jauh dari cinta.
Aku selalu bermimpi, kapan aku bisa mengenalmu. Mengenal lebih dekat dan mengetahui keberadaanmu. Tetapi setelah aku pantau lewat facebook. Kau sudah memiliki seorang pacar. Tetapi itu tidak masalah bagiku. Aku hanya berpaut pada sebuah mantra anti cinta. Kau selalu terlihat girang di jejaring internet. Aku mengintip kau tidak hanya lewat sarang saja, aku intip semua jejaring yang kau miliki. Aku lebih senang melihatmu setiap pagi. Aku merasa bahagia. Tidak tahu apa yang menyebabkan itu semua. Mungkin mantraku masih melekat kuat dalam tubuh dan mata ini. Justru dengan itu aku lebih leluasa menikmati keindahanmu, karena setiap pagi aku merasa bahagia. Melihatmu. Tidak tahu siapa namamu yang pasti. Aku mengetahui lewat jejaring internet, namamu panjang lebar. Dengan sapaan apa dan kata yang mana aku sebut namamu.
Banyak orang yang telah aku tanya, mereka memanggil kau dengan Ay. Padahal aku masih ingat benar nama lengkap dan nama aslinya di jejaring internet. Apakah nama yang ada di jejaraing intenet, nama samaran. Huh, rasanya aku jadi binggung. Aku hentikan sementara mengingat namamu. Aku akan lebih fokuskan melihatmu setiap pagi. Aku bertanya pada diriku sendiri, buat apa aku menghafalkan semua yang kau miliki. Kalau aku tidak mempunyai rasa terhadapmu. Tapi aku masih ingat, kau sudah mempunyai pacar. Aku hanya bisa melihat dan mengagumimu setiap pagiku. Lagi-lagi kembali ke mantra yang aku miliki. Itu yang aku jadikan patokan kau telah ada di hutan ini. Tetapi kau jarang menampakan di dekat sarangku.
Kapan aku bisa lebih dekat denganmu?
Siapa sebenarnya namamu?
Wajahmu tak asing untukku
Kau siapa sebenarnya?
Aku mau berucap terima kasih
Kau sudah membuat aku bahagia
Bahagia melihatmu
Sepanjang hari

2.      Generating Circumstances Imajinasi Cintaku
Akhirnya, aku telah mengenalmu dengan ketidaksengajaanku lewat depan sarangmu. Aku telah mengenalmu. Tetapi aku sedikit malu untuk mengeluarkan sebuah kekagumanku terhadapmu. Ingatkah kau, saat aku berada di depan sarangmu, aku meminta kau duduk dan sedikit ngobrol-ngobrol. Aku senang, kau mau melakukan itu. Ketika aku mau mandi dan aku menyuruh kau untuk sebentar menunggu, kau juga mau. Aku dan kau baru kenalan, bukan. Tetapi serasa aku dan kau sudah lama berkenalan. Saat aku dengar, ooo tenyata namamu adalah Ayu Lestari, tetapi kau sering akrab dipanggil Ay. Kebingunganku sedikit hilang dengan ungkapan yang aku dengar. Kini tiba saatnya aku melihatmu lebih dekat. Ini adalah kesempatan terbesar yang pernah aku miliki dengan wanita yang aku kagumi sepanjang hari.
Ketika itu aku tahu dan akan akrab mengenalmu. Karena kau juga memang asyik di ajak bicara. Aku tidak memahami dengan perjalanan ini, seakan semuanya mulus terlaksana. Aku malahan ingin lebih mengetahui dirimu. Setelah aku dengar kau sudah tidak mempunyai pacar. Hatiku sedikit berontak, seakan-akan menyuruh otakku untuk memilikimu. Tetapi aku lawan dengan mantraku. Jikalau kau adalah wanita yang akan berlabuh di hatiku. Aku akan mencoba mengenalmu lebih dalam. Itu inginku. Karena aku juga sering tulis-menulis, dan setiap aku tanya dan kau yang bercerita. Cerita yang kau utarakan seakan membuat aku ingin menulis itu. Dan aku lakukan itu. Aku memang tidak mempunyai perasaan lebih, aku hanya ingin berteman saja. Tetapi cerita hidupmu membuat aku tertarik untuk menulisnya.
Saat aku dekat denganmu, sering kau main ke sarangku. Entah obrolan apa yang aku dan kau obrolan tidak tahu. Entah kau datang ke sarang ini gara-gara aku, atau ada orang lain. Aku merasa percaya diri saja. Tetapi aku harus pegang mantraku. Karena aku takut dengan seorang wanita, wanita yang telah menyakiti perasaanku saat masa laluku. Aku akan berteman denganmu, dan akan aku tawarkan ceritamu untuk aku tuliskan. Ternyata kau juga setuju cerita hidupmu ditulis.
Ceritamu telah membuat aku menangis sebagai seorang lelaki
Kedatangmu ke sarangku membuat aku lebih bahagia
Obrolanmu tanpa membedakan orang disekitar
Kau wanita yang mempunyai cerita pahit yang aku kenal
Terimakasih, kau rela ceritamu aku tuliskan
Aku ingin menjadi temanmu yang akan menginggatkanmu

3.      Rising Action Imajinasi Cintaku
Aku lebih dekat dengamu di setiap hari-hariku. Tidak hanya pagi saja yang biasa aku rasakan. Kau sering menampakan di sepanjang hari-hariku.
Aku tidak akan pernah mencintaimu. Karena aku tidak menyukaimu. Aku hanya sebatas teman. Kau sering PHP seorang lelaki. Dan apakah untuku ya. Aku yakin tulisan yang kau tulis mengambarkan dirimu ya. Aku sering menasehati tentang hal itu bukan. Kini aku telah menyadari, kau belum siap untuk menerima lekaki lain. Karena keluhmu dan sakit yang kau rasakan akan membuatmu menjadi takut. Takut dengan sebuah cinta.  Sehingga apa yang kau lakukan membuat laki-laki takut denganmu. Entah aku akan kau anggap apa. Jelas-jelas aku tidak mempunyai perasaan apa-apa. Aku senang humor, jangan terlalu serius menanggapi perkataanku.
Malahan aku senang dekat denganmu. Kau memberikan aku sepenggal cerita hidupmu. Biasanya aku menulis tidak ada objek yang bercerita sepertimu. Wanita yang aku kagumi setiap hari seperti kau. Aku tidak menyangka semua itu ada cerita pahit. Kau sering membuat aku salah tingkah , dengan sapaan dan indahnya senyummu.
Karena aku takut mencintaimu, dan ujung-ujungnya di PHP. Malahan aku yang malu sendiri. Tidaklah aku akan berteman denganmu saja. Aku akan menjadikan kau penglihatan di setiap hariku. Itu adalah semangat tersendiri dalam hidupku. Aku dan kau kini sudah menjadi akrab seperti seorang adik dan kakak. Pastinya aku akan selalu melindungimu dari apa yang aku bisa lakukan. Aku tidak bisa berbuat apa-apa mendengar cerita pahitmu.
Aku hanya mampu menulis dan menulis. Aku akan menjadi teman, teman yang akan memberikan nasehat bila diperbolehkan. Nasehat berupa, apabila kau salah melangkah dan salah kaprah. Intinya aku senang dan bahagia lebih dekat denganmu.
Kita terlahir seakan bersama
Hanya sedikit waktu, hari, yang berbeda
Jelas sifat dan apa yang kau miliki sama
Ijinkan aku melihatmu lebih lama
Ijinkan aku mendengarkan apa yang kau rasa
Aku ingin mendengarkan siapa yang kau cinta?

4.      Climax Imajinasi Cintaku
Tentang perasaan, aku yakin dengan semua yang telah aku lakukan dengan keseringan selalu bersamamu. Aku takut aku jatuh cinta padamu.  Aku yakin dengan kita selalu bersama aku takut dengan perasaan yang aku punya. Aku takut jauh darimu, aku selalu ingin tahu keberadaanmu. Aku takut aku akan jatuh cinta terhadapmu. Tetapi tidak mungkinlah. Kau kan sudah pernah bercerita, bahwa ada seorang lelaki yang jauh di sana  sedang menunggumu dan akan melamarmu, bukan. Jadi perasaanku yang muncul secara tiba-tiba ini akan aku matikan seketika dengan melihat kau sudah ada yang memiliki. Sehingga semua tidak terjadi kesalahpahaman. Biarlah hatiku aku matikan, karena itu perlu.
Seneng jalaran soko kulino. Dari perkataan jawa ini, aku akan lebih menyukaimu sebagai teman. Tetapi tidak menutup kemungkinan. Makin lama aku dekat denganmu , rasa yang aku miliki semakin memberontak. Entah apa yang akan aku fikirkan. Mungkin karena aku kebiasaan dan lebih nyaman ada di sampingmu. Aku menempatkan sesuatu memang pada tempatnya. Dan aku menempatkan dirimu adalah sebagai temanku. Apakah teman tidak bisa jadi pacar. Atau pasangan hidup. Aku memang selalu bicara begitu pada setiap orang. Apakah aku dan kau hanya wajib berteman saja?. Apakah tidak bissa lebih. Itu mimpiku.
Sedekat-dekatnya teman pasti ada sebuah rasa yang tersimpan. Kalaupun itu mau perasaan itu diluapakn silakan diluapakan. Kebiasaan yang telah mengajari aku untuk suka. Perlu digaris bawahi. Suka bukan jatuh cinta. Tetapi seorang teman dekat juga boleh jatuh cinta. Dan tidak ada hukum yang pasti mampu melanggar aturan itu. Dalam sebuah UUD 1945 tidak ada peraturan seperti itu. Semuanya bebas karena sebuah rasa. Ya, rasa cinta.
Bagaimana seseorang menempatkan rasa suka itu. Melihat keadaan masing-masing subjek.  Yang jelas seorang teman boleh jatuh cinta. Teman biasa boleh jatuh cinta. Teman tapi mesra boleh jatuh cinta. Semua tidak ada yang tidak boleh. Semua boleh, karena dengan cinta semua yang ada akan kalah. Yakin tidak yakin itu adalah keyakinan saya. Melihat situasi di dunia ini.
Cinta yang tulus muncul dari kebersamaan
Logika tidak akan terjatuh karena cinta
Jelas dia sudah punya
Tetapi, jangan salahkan aku menyukaimu, mencintaimu,
Akhirnya semua menjadi kebenaran. Aku ada rasa. Rasa yang belum aku ukir sebelumnya.
5.      Denouement Imajinasi Cintaku
Sekarang akan aku katakan jujur padamu. Jujur tentang isi hatiku. Kenapa aku tidak langsung berkata denganmu. Karena aku lebih mengetahui isi hatiku paling dalam terletak di seutas tulisan, yang tertulis lengkap hanya di sebuah tulisan. Bukan di pembicaraan saja, bukan. Tulisan mampu mencerminkan isi hati seseorang dengan iklhas.
Dan itulah aku, yang menuliskan surat terahir ini. Sebuah surat tentang isi perasaanku terhadap kau. Aku sudah melihat semua cerita yang kau berikan kepadaku, seharusnya aku sebagai orang yang berfikir akan mundur. Tetapi tidak untukku karena aku suka sebuah tantangan. Aku akan mencoba lebih dekat, tidak hanya sebagai teman, teman biasa, tapi  teman mesra yang kau bilang.
Aku telah jatuh cinta,  terhadapmu. Entah kau mau MENERIMA atau TIDAK. Semua bukan keputusanku. Tetapi semua keputusan ada di tanganmu. Aku mengerti, kau sudah ada yang memiliki jauh  di sana. Setidaknya aku akan mengutarakan isi hati ini. Biarkan aku sedikit lega dengan isi hati ini. Karena isi hati ini selalu berontak terhadap diri aku sendiri. Sering membuat aku pusing dan membuat aku kefikiran dirimu. Lebih baik aku ungkapan saja. Biar tidak ada kesalahpahaman.  Semua akan aku tanggung apapun itu. Jawaban YA, diriku akan membuat kesenangan luar biasa, wanita yang kukagumi kini ada dipelukku. Jika TIDAK, aku tetap akan mau menjadi teman, tapi mesra untukmu.
Terimakasih , kau telah mau meluangkan membaca tulisan yang GJ ini. tetapi bagiku tulisan ini bernyawa. Dan di setiap kata-katanya mempunyai denyutan yang besar. Aku menyukaimu semenjak aku dekat dan makin dekat. Itu bukan salahku dan bukan salah kau juga. Tetapi semua yang salah keadaan. Dan kenapa kedekatan ini semakin di dekatakan. Aku tidak bisa menahan apa yang aku rasa. Karena aku adalah manusia normal, yang mempunyai rasa.  Rasa cinta apabila melihat wanita yang aku kagumi yaitu kau. Wanita yang selalu ada di hadirku saat ini, yaitu kau. Kau yang telah membuat aku jatuh cinta.
Saat kau tolak aku, aku tidak akan berangagapan kau wanita yang suka PHP. Karena aku tahu bagaimana kehidupanmu. Bagaimana keadaan keluargamu, bagaimana nasib cinta yang telah kau lalui. Kau adalah wanita yang kuat. kalaupun kau tidak kuat pasti kau akan membunuh diri. Karena itu adalah cerita yang sangat perih yang pernah aku dengar.
Karena kau juga patut untuk memilih dan memilah lelaki yang baik dan sudah mapan. Keinginanmu sangatlah baik. Kau peduli dengan masa depanmu. Tetapi aku masihlah kuliah, belum mapan dan masih dipertanyakan. Mau menjadi apa?. Setidaknya semua telah aku curahkan.
Jawablah, pertanyaanku di atas. Bukan aku takut dengan langsung bicara langsung kepadamu. Tetapi aku ingin kau mengetahui isi perasaanku. Perasaan yang muncul saat berdekatan denganmu. Aku jatuh cinta kepadamu. Aku jatuh cinta. Aku jatuh cinta. Aku harap kau mau menerimanya.
Lelaki mapan yang kau inginkan bukan!
Fikirkan masa depan untukmu
Jangan salah memilih lekaki yang pipih
Gunakan semua indramu untuk meraba hidup
Karena, saat kau menjadi miliku
Aku akan lama berlabuh, mempertahankan dirimu atas miliku


Komentar