Absen; Agent Of Chage?



Oleh: Edy Saputro Cahyo
Mahasiswa yang yang titip absen dan copy paste sudah marak terdengar. Tetapi kali ini, terjadi sebuah kasih yang tidak disangka “penyogokkan”.  Mahasiswa yang dianggap agent of chage benar-benar merubah segala aktivitas kehidupan. Tidak pantas mahasiswa disebut dengan kata itu. Memang tidak semua mahasiswa, tetapi kebanyakan iya. Manusia yang baik bisa dihitung jumlah, namun manusia yang jelek tak terhingga jumlahnya. Ya! Seperti mahasiswa yang nakal dan ingin selalu mendapat posisi aman. Masalah titip absen sudah tak jamanya, tak masih berlaku untuk mahasiswa yang malas masuk. Tetapi kali ini berbeda, masih pada pergulatan tentang absen.
Absen merupakan poin utama untuk penilain dosen terhadap mahasiswanya. Pada saat yang terdesak mahasiswa akan melakukan apa saja untuk mendapatkan absen yang memuaskan, demi mencuri perhatian dari dosennya. Absen juga merupakan salah satu syarat pokok untuk mengikuti ujian akhir semester.  Rata-rata absen yang kurang dari 75% tidak boleh mengikuti uas. Pada saat inilah mahasiswa beraksi. Melihat absen yang kurang, mahasiswa datang di pelayanan absen dan meminta untuk bisa ditambahkan jumlah kehadirannya. Mau tidak mau mahasiswa juga merogoh saku untuk memberi rokok atau uang.
Petugas pelayanan yang kurang tegas memberikan pengaruh buruk kepada mahasiswa. Rokok dijadikan tutup mulut, dan akhirnya permintaan mahasiswa dikabulkan. Kalau semua berangkat dari kejujuran nilai pendidikan di Indonesia tidak akan lemah. Menjadi mahasiswa saja sudah berani menyonggok, apalagi nanti kalau menjadi pegawai pemerintahan.
Mahasiswa melakukan itu agar dapat mengikuti ujian. Seumpama dosen-dosen juga teliti dengan tindakan mahasiswa, pasti diberi nilai E. Dosen seharusnya mempunyai peganggan absen pribadi agar dapat memantau mahasiswanya, jangan perpedoman dengan absen dari pelayanan. Memang mahasiswa memiliki otak kancil, kalau dosen seperti itu mahasiswa akan segera mengambil langkah menyogok dosen. Gara-gara absen mahasiswa telah gila dan rela berbuat apa saja.

Komentar